Kamis, 10 April 2014

Magnet

                        Judul: Magnet
I.         KAJIAN PUSTAKA
A.      Pengertian Magnet
Magnet adalah sebuah material yang memiliki kemampuan menarik besi atau baja ( dan material berjenis logam lainnya ). Manfaat magnet sangat dibutuhkan dalam kehidupan kita.
1.        Sifat-sifat Magnet
Magnet memiliki beberapa sifat antara lain memiliki gaya tarik, memiliki dua buah kutub, kutub senama tolak menolak dan kutub tidak senama tarik menarik, serta memiliki gaya yang dapat menembus benda tertentu.
a.         Magnet Memiliki Gaya Tarik
Gaya magnet adalah gaya yang dimiliki oleh magnet sehingga dapat menarik benda-benda lain, makin dekat dengan magnet, gaya tarik magnet akan semakin kuat. Sebaliknya jika makin jauh dari magnet, gaya tarik magnet makin kecil. Dengan kejadian seperti itu, maka magnet memiliki gaya tarik.
a.         Magnet Memiliki Gaya yang dapat Menembus Benda
Daya tembus benda di pengaruhi oleh beberapa factor antara lain ketebalan penghalang, jenis penghalang, kekuatan penghalang, serta jarak  antara magnet dan benda. Kekuatan gaya tarik magnet tidak sama di setiap sisinya.

2.        Magnet  Alam dan Magnet Buatan
a.         Magnet Alam
Magnet alam sesungguhnya telah dikenal orang sejak dahulu, terutama di kalangan  orang-orang Magnesia yang beranggapan bahwa batu magnet yang di temukan tersebut memiliki kekuatan yang supranatural. Magnet yang digunakan oleh bangsa Yunani dan Cina disebut sebagai magnet alam karena magnet tersebut ada tanpa proses pembuatan. Selain itu, juga ditemukan secara alami magnet bumi termasuk magnet alam.
b.        Magnet Buatan
Magnet buatan adalah megnet yang sengaja dibuat oleeh manusia. Magnet buatan dapat dibuat dari besi, baja, atau bahan campuran logam lainnya. Bentuk magnet buatan yang biasa ditemukan yaitu magnet yang bentuk batang, magnmet silinder, magnet jarum, magnet ladam (tapak kuda).
Magnet buatan dapat dibuat dengan cara gosokan, cara induksi, dan cara menggunakan arus listrik.
1.        Pembuatan Magnet  dengan Cara Gosokan
Magnet yang dibuat dengan cara gosokan merupakan pembuatan magnet yang sangat sederhana. Penggosokan ini dilakukan secara berulang-ulang dan dilakukan dengan satu arah.


2.        Pembuatan Magnet dengan Cara Dialiri Arus Listrik
Arus listrik dapat digunakan untuk membuat magnet. Magnet dapat dibuat dengan cara mengalirkan arus listrik searah ke dalam suatu penghantar. Magnet yang ditimbulkan disebut elektromagnetik.
II.      PELAKSANAAN PRAKTIKUM
A.      Praktikum I: Benda Yang Dapat Ditarik Magnet
1.        Alat
a.         Magnet
b.        Paku
c.         Peluru hekter
d.        Jarum pentul
e.         Penutup minuman kaleng
f.         Penutup botol
g.        Penggaris
h.        Bolpoin
i.          Karet gelang
j.          Sapu tangan
k.        Kawat
l.          Cincin
2.        Bahan
a.         Karton
b.        pasir
3.        Langkah Kerja
a.         Sediakanlah alat dan bahan yang dibutuhkan dan letakkanlah di atas meja.
b.        Ambillah sebuah magnet kemudian dekatkanlah salah satu ujung magnet tersebut ke jarum. Amatilah apa yang terjadi pada jarum tersebut.
c.         Ulangilah kegiatan diatas dengan mendekatkan ujung magnet pada semua benda yang  anda siapkan secara tertib.
d.        Buatlah tabel pengamatan sesuai kreativitas Anda, kemudian isilah tabel tersebut sesuai hasil pengamatan Anda.
e.         Diskusikanlah bersama kelompok Anda tentang hasil pengamatan kelompok Anda. Untuk memudahkan diskusi jawablah pertanyaan penuntun yang ada di bawah bagian langkah kerja.
f.         Buatlah kesimpulan dari hasil percobaan hari ini.
B.       Praktikum II: Sifat-sifat Magnet
1.        Alat
a.         Magnet batang 2 buah
b.        Roda kecil 2 buah
2.        Langkah Kerja
a.         Ambillah dua buah magnet batang dan berilah tanda U dan S pada ujung magnet batang untuk setiap magnet batang tersebut.
b.        Letakkanlah kedua batang megnet tersebut di atas roda kecil, kemudian dekatkanlah ujung magnet yang diberi tanda U dengan ujung magnet lainnya yang juga betanda U. Amatilah apa yang terjadi pada ke dua magnet tersebut.
c.         Dekatkanlah ujung magnet yang bertanda S dengan ujung magnet lainnya yang bertanda S, kemudian amatilah apa yang terjadi pada kedua magnet batang tersebut.
d.        Dekatkanlah ujung megnet yang bertanda S dengan ujung magnet lainnya yang bertanda U, kemudian amatilah apa yang terjadi pada kedua magnet batang tersebut.
e.         Buatlah tabel pengamatan sesuai kreativitas anda, kemudian isilah tabel tersebut sesuai hasil ppengamatan Anda.
f.         Diskusikanlah bersama kelompok Anda tentang hasil pengamatan kelompok Anda. Untuk memudahkan diskusi jawablah pertanyaan penuntun yang ada dibawah bagian langkah kerja.
g.        Buatlah kesimpulan dari hasil percobaan hari ini.
C.      Praktikum III: Daya Tembus Gaya Magnet
1.        Alat
a.         Magnet
b.        Peniti
c.         Paku
2.        Bahan
a.         Kertas HVS
b.        Karton
c.         Kantong plastic
d.        Buku
e.         Papan
f.         Tripleks
3.        Langkah kerja
a.         Sediakanlah alat dan bahan yang dibutuhkan dan letakkanlah di atas meja.
b.        Letakkanlah peniti/ paku diatas kertas HVS, kemudian tempelkanlah sebuah magnet pada bagian bawah kertas tersebut.
c.         Gerak-gerakkanlah magnet ke beberapa arah. Amatilah  apa yang terjadi pada peniti/paku tersebut.
d.        Lakukanlah kegiatan seperti diatas dengan menggunakan bahan-bahan yang telah disediakan sebelumnya.
e.         Buatlah tabel pengamatan sesuai kreavitas Anda, kemudian isilah tabel tersebut sesuai hasil pengamatan Anda.
f.         Diskusikanlah bersama kelompok Anda tentang hasil pengamatan kelompok Anda. Untuk memudahkan diskusi jawablah pertanyaan penuntun yang ada di bawahh bagian langkah kerja.
g.        Buaatlah kesimpulan dari hasil percobaan hari ini.
D.      Praktikum IV: Membuat Magnet
1.        Alat
a.         Magnet batang
b.        Paku  besar atau batang besi
c.         Paku-paku kecil
d.        Jarum
e.         Peniti
2.        Bahan
a.         Betarei
b.        Kabel kawat
3.        Langkag kerja
a.        Dengan cara induksi

1.        Dekatkanlah batang besi/paku besar pada paku-paku kecil, jarum dan peniti. Apakah batang besi/ paku besar dapat menarik benda-benda tersebut? Jelaskan!
2.        Gosoklah magnet pada batang  besi/ paku besar secara berulang-ulang  dengan satu arah yang beraturan.
3.        Dekatkanlah batang besi/ paku besar yang telah digosok-gosok dengan magnet pada paku-paku kecil, jarum dan peniti. Apakah batang besi/ paku besar dapat menarik benda-benda tersebut? Mengapa demikian?
b.        Dengan cara elektromagnetik
1.        Lilitkanlah kawat pada paku besar, kemudian dekatkanlah ujung paku tersebut pada jarum. Apa yang terjadi?
2.        Hubungkanlah kedua ujung-ujung kawat pada kedua kutub beterai.
3.        Dekatkanlah paku-paku kecil pada salah satu ujung paku besar.
4.        Amatilah apa yang terjadi dengan paku-paku kecil tersebut? Mengapa hal itu dapat terjadi?
c.         Buatlah kesimpulan dari hasil percobaan Anda.
III.   HASIL PENGAMATAN PRAKTIKUM
A.      Hasil Praktikum I: Benda Yang Dapat Ditarik Magnet


















B.       Hasil Praktikum II: Sifat-sifat Magnet














C.      Hasil Pengamatan Praktikum III: Daya Tembus Gaya Magnet














D.      Hasil Praktikum IV: Membuat Magnet














IV.   ANALISIS HASIL PRAKTIKUM
A.      Analisis Hasil Praktikum I: Benda Yang Dapat Ditarik Magnet
Sebelum praktikum I dimulai, terlebih dahulu menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti magnet, paku, peluru hekter, jarum pentul, penutup minuman kaleng, penutup botol, penggaris, bolpoin, karet gelang, sapu tangan, kawat dan cincin. Adapun bahannya  seperti karton dan pasir. Selanjutnya ambillah sebuah magnet kemudian dekatkanlah salah satu ujung magnet tersebut ke jarum dan benda lainnya yang telah disiapkan.
Setelah itu  amatilah apa yang terjadi pada jarum dan benda-benda lainnya, isilah tabel sesuai hasil dari pengamatan dan diskusikanlah bersama teman kelompok laluy buatlah kesimpulan dari hasil pengamatan tersebut.
B.       Analisis Hasil Praktikum II: Sifat-sifat Magnet
Sebelum praktikum ke II dimulai terlebih dahulu menyiapkan alat yang dibutuhkan, seperti magnet batang 2 buah dan roda kecil 2 buah. Kemudian ambillah dua buah magnet batang dan beri tanda U dan S pada ujung magnet batang untuk setiap magnet batang tersebut. Setelah itu dekatkanlah kedua ujung magnet secara bergantian yang pertama ujung megnet yang bertanda U dengan ujung magnet bertanda U, yang kedua ujung magnet yang bertanda S dengan ujung magnet yang bertanda S, dan yang ketiga ujung magnet yang bertanda S dengan ujung magnet yang bertanda U.
Setelah itu amatilah setiap percobaan tersebut kemudian isilah tabel sesuai pengamatan  dan diskusikanlah bersama teman kelompok untuk pertanyaan penuntun lalu buatlah kesimpulan dari hasi pengamatan tersebut.
C.      Analisis Hasil Praktikum III: Daya Tembus Gaya Magnet
Sebelum melakukan pengamatan III, terlebih dahulu menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti magnet, peniti dan paku. Adapun bahannya seperti kertas HVS, karton, kantong plastik, buku, papan dan tripleks.
Kemudian letakkanlah peniti/ paku di atas kertas HVS dan bahan-bahan lainnya secara bergantian, kemudian tempelkanlah pada bagian bawah kertas dan bahan-bahan lainya. Setelah itu gerak-gerakkanlah megnet ke beberapa arah dan amatilah apa yang terjadi, kemudian isilah tabel tersebut sesuai dengan hasil pengamatan tersebut. Kemudia diskusikanlah dengan teman kelompok untuk menjawab pertanyaan penuntun dan buatlah kesimpulan dari hasil pengamatan tersebut.
D.      Analisis Hasil Praktikum IV: Membuat Magnet
Sebelum melakukan pengamatan IV, terlebih dahulu menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti magnet, paku besar atau batang besi, paku-paku kecil, jarum dan penit. Adapu bahannya seoerti beterai dan kebel kawat.
Kemuadian yang pertama buatlah magnet dengan cara induksi dengan cara menggosok magnet pada batang besi/ paku secara berulang-ulang dengan satu arah yang beraturan, kemudian dekatkanlah batang besi/ paku yang telah digosok-gosok dengan magnet pada paku kecil, jarum dan peniti. Yang keduan membuat magnet dengan cara elekromagnetik dengan cara melilitkan kawat pada paku besar, kemudian pada kedua ujung kawat dihubungkan pada kedua kutub betrei, laludekatkan dengan paku-paku kecil di salah satu ujung paku besar. Kemudian amatilah apa yang terjadi dan buatlah kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan tersebut.














V.      KESIMPULAN
A.      Kesimpulan Praktikum I: Benda Yang Dapat Ditarik Magnet
Dari pengamatan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa magnet akan menarik benda yang terbuat dari besi dan baja, dan sebaliknya jika benda tidak terbuat dari besi atau baja maka benda tersebut tidak dapat ditarik oleh magnet.
B.       Kesimpulan Praktikum II: Sifat-sifat Magnet
Dari pengamatan yang telah dilakukuan dapat disimpulkan bahwa magnet akan saling tarik menarik jika kutub yang didekatkan berbeda jenis, dan sebaliknya apabila kutub yang didekatkan sejenis maka akan saling tolak menolak.
C.      Kesimpulan Praktikum III: Daya Tembus Gaya Magnet
Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa semakin tebal pembatas yang diberikan maka semakin lemah tarikan yang di alami, dan sebaliknya semakin tipis pembatas yang diberikan maka tarikannya akan semakin kuat.
D.      Kesimpulan Praktikum IV: Membuat Magnet
Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa magnet dapat dibuat dengan cara sederhana yaitu dengan cara induksi atau dengan cara menggosok dan dengan cara elektromagnetik atau dengan cara mengaliri  listrik melalui energi alternatif yang digunakan seperti beterai.

DAFTAR PUSTAKA
Muslimin, dkk. 2013. Panduan praktikum Konsep Dasar Ipa II. Makassar : Universitas Negeri Makassar.

1 komentar:

  1. :D


    kak, boleh ditambah gak kesimpulan membuat magnetnya??, soalnya kurang jelas kak, :D

    ...

    BalasHapus