Kamis, 10 April 2014

Energi

Judul: Energi
I.         KAJIAN PUSTAKA
A.      Pengertian Energi
Energi merupakan kebutuhan esensial bagi kehidupan manusia maupun seluruh mahluk hidup. Energi tidak memiliki ruang dan massa. Energi memiliki bentuk.
1.      Energi panas
Merupakan suatu bentuk energi yang berpindah karena adanya perbedaan suhu. Satuan Internasional untuk panas adalah Joule. Seperti air yang akan mengalir dari tempat tinggi menuju tempat yang rendah, panas (kalor) juga demikian. Panas (kalor) akan bergerak dari tempat bersuhu tinggi menuju tempat bersuhu lebih rendah. Ketika terdapat dua benda dengan suhu yang berbeda dan dicampurkan, misalnya saja air panas dengan air dingin maka keduanya akan menjadi air hangat. Hal ini terjadi karena jika air panas dan air dingin dicampurkan maka akan terjadi perpindahan kalor dari air panas menuju air dingin, perpindahan ini akan terus terjadi hingga tercapainya suhu seimbang yakni posisi dimana air menjadi hangat.
Energi merupakan kebutuhan esensial bagi kehidupan manusia maupun seluruh makhluk hidup. Begitu banyak fenomena – fenomena tentang energy dalam kehidupan sehari-hari yang menuntut penjelasan sederhana, utamanya pertanyaan dari anak-anak .


·         Perpindahan energi panas

beberapa cara bagi kalor (panas) untuk berpindah yakni ada 3 cara yakni: Konduksi, radiasi dan Konveksi

a.       Konduksi

Pada konduksi perpindahan energi panas (kalor) tidak di ikuti dengan zat perantaranya. Misalnya saja anda menaruh batang besi membara ke batang besi lain yang dingin. Pemanfaatan Konduksi dalam kehidupan sehari-hari sendiri bisa dengan mudah kita temukan, misalnya saja saat memasak air maka kalor berpindah dari api (kompor) menuju panci dan membuat air mendidih.




b.      Konveksi

Merupakan perpindahan kalor (panas) yang disertai dengan berpindahnya zat perantara. Konveksi sebenarnya mirip dengan Induksi, hanya saja jika Induksi adalah perpindahan kalor tanpa disertai zat perantara sedangkan konveksi merupakan perpindahan kalor yang di ikuti zat perantara.

c.       Radiasi

Merupakan proses terjadinya perpindahan panas (kalor) tanpa menggunakan zat perantara. Perpindahan kalor secara radiasi tidak membutuhkan zat perantara, contohnya anda bisa melihat bagaimana matahari memancarkan panas ke bumi dan api yang memancarkan hangat ke tubuh anda.

2.      Energi bunyi

Energi bunyi adalah segala kemampuan yang terjadi akibat adanya pengaruh bunyi. Bunyi adalah getaran di udara. Benda yang bergetar akan menghasilkan bunyi. Saat berbicara kita mengeluarkan bunyi. Suara musik atau lagu-lagu dari radio, tape, dan tv juga merupakan bunyi. Semua bunyi itu dihasilkan oleh suatu sumber bunyi.

3.      Energi alternatif

Energi alternatif adalah energi pengganti daripada energi yang sering kita gunakan misalnya:minyak tanah,batu bara,atau bensin dimana sumber energi ini merupakan bahan bakar fosil yang nantinya bisa habis atau energi yang bisa terbarukan atau bisa dipakai terus-menerus, mudah didapatkan dan ramah lingkungan.





4.       
II.      PELAKSANAAN PRAKTIKUM
A.      Praktikum I: Uap Sebagai Sumber Energi Gerak
1.        Alat
a.         Tabung reaksi
b.        Penjepit tabung reaksi
c.         Kelereng
d.        Lampu spritus
2.      Bahan
a.       Kerikil 3 atau 4 buah
b.      Kelereng
c.       Air
3.        Langkah Kerja
a.         Sediakanlah alat dan bahan yang dibutuhkan.
b.        Isilah tabung reaksi dengan air sebanyak sepertiga bagian, kemudian masukkanlah kerikil 3 atau 4 buah ken dalam tabung reaksi tersebut.
c.         Tutuplah mulut tabung reaksi dengan sebuah kelereng.
d.        Amatilah tabung reaksi tersebut, utamanya kondisi uap air dan keadaan kelereng tersebut.
e.         Panaskanlah tabung reaksi tersebut, kemudian amatilah apa yang terjadi. Mengapa hal tersebut bisa terjadi ?
B.       Praktikum II: Panas Dapat Menyebabkan Benda Padat, Cair Dan Gas Memuai
1.        Alat
a.         Gelas kimia
b.        Jembatan pembakar
c.         Tiang neraca
d.        Lampu spiritus
e.         Penjepit tabung reaksi
f.         Tabung reaksi
2.      Bahan
a.       Es
b.      Lilin
c.       Plastik
d.      Air
3.        Langkah Kerja
a.         Sediakanlah alat dan bahan yang di butuhkan.
b.        Panaskanlah es dalam gelas kimia dengan menggunakan pembakar spiritus, kemudian amatilah apa yang terjadi pada wujud benda/es tersebut!
c.         Masukkanlah air dalam tabung reaksi kira-kira 0,5 – 1 cm, kemudian jepitlah tabung reaksi dengan menggunakan pembakar spiritus. Amatilah apa yang terjadi pada wujud air tersebut.
d.        Masukkanlah lilin dalam gelas kimia, kemudian panaskanlah dengan menggunakan pembakar spiritus. Amatilah apa yang terjadi pada wujud plastik teesebut!
e.         Ambillah sebuah plastik dan bakarlah plastik tersebut. Amatilah apa yang terjadi pada wujud plastik tersebut!
f.         Buatlah tabel hasil pengamatan sesuai kreafitas Anda, kemudian isilah tabel tersebut sesuai hasil pengamatan Anda.
g.        Diskusikanlah bersama kelompok Anda tentang hasil pengamatan kelompok Anda.
h.        Buatlah kesimpulan dari hasil percobaan hari ini.




III.   HASIL PENGAMATAN PRAKTIKUM
A.      Hasil Praktikum I: Uap Sebagai Sumber Energi Gerak


















B.       Hasil Praktikum II: Panas Dapat Menyebabkan Benda Padat, Cair Dan Gas Memuai















IV.   ANALISIS HASIL PRAKTIKUM
A.      Analisis Hasil Praktikum I: Uap Sebagai Sumber Energi Gerak
Sebelum praktikum I dimulai, terlebih dahulu menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti tabung reaksi, penjepit tabung reaksi, kelereng dan lampu spiritus yang telah disediakan, dan mencari bahan seperti kerikil 3 atau 4 buah, kelereng dan air. Selanjutnya nyalakan lampu spiritus dan isi tabung reaksi dengan air sebanyak sepertiga dari tabung reaksi tersebut, lalu masukkan 3 atau 4 buah kerikil dan berikan kelereng diatas kemudian jepit tabung reaksi itu dengan penjepit tabung reaksi.
Setelah itu, naikkan atau panaskan tabung reaksi itu ke atas lampu spiritus, kemudian amatilah  apa yang terjadi dan diskusikanlah dengan teman kelompok mengapa hal tersebut bisa terjadi.
B.       Analisis Hasil Praktikum II: Panas Dapat Menyebabkan Benda Padat, Cair Dan Gas Memuai
Sebelum praktikum ke II dimulai terlebih dahulu menyiapkan alat bahan yang dibutuhkan, seperti gelas kimia, jembatan pembakar, tiang neraca, lampu spiritus, penjepit tabung reaksi, tabung reaksi. Dan bahannya seperti es, lilin, plastik (plastik pembungkus), air. selanjutnya bakar atau nyalakan lampu spiritus, kemudian isi gelas kimia secara bergantian seperti es dan lilin. Selanjutnya mengambil plastik dan panaskan tepat diatas lampu spiritus. Lalu amatilah apa yang terjadi pada wujud bahan-bahan yang telah di praktekkan.



V.      KESIMPULAN
A.      Kesimpulan Praktikum I: Uap Sebagai Sumber Energi Gerak
Dari pengamatan yang telah dilakukun dapat disimpulkan bahwa kelereng dan kerikil bergerak karena air yang ada ditabung reaksi mendidih dan uapnya dapat mengerakkan kelereng, sehingga uap dapat dikatakan sebagai energi gerak.
B.       Kesimpulan Praktikum II: Panas Dapat Menyebabkan Benda Padat, Cair Dan Gas Memuai
Dari pengamatan yang telah dilakukun dapat disimpulkan bahwa es batu dan lilin dapat meleleh dan mencair bila dipanaskan, air juga akan mendidih dan menguap sehingga dapat menghasilkan energi, dan plastik dapat meleh dan berubah bentuk jika dibakar.



DAFTAR PUSTAKA
Dedi.2011.Pengertian perpindahan panas konveksi, radiasi dan konduksi. http://lenterakecil.com/penulisan-daftar-pustaka-dari-internet/. ( Di akses pada tanggal 19 November 2013)

Tugino.2011.Energi panas dan energi bunyi. http://www.mastugino.blogspot.com/2012/11/energi-panas-dan-energi-bunyi.html. ( Di akses pada tanggal 19 November 2013)

lenirizkiani.2013.Tugas energi alternatif. http://lenirizkiani.wordpress.com/2011/01/07/tugas-energi-alternatif/. ( Di akses pada tanggal 19 November 2013)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar